Saturday, April 23, 2016

DIY: Masker Putih Telur + Jeruk Nipis/Lemon (opsional)

Selain hobi cuci muka, aku juga hobi pake masker. Beberapa produk masker udah aku coba. Mulai dari beli di minimarket terdekat sampai online shop.
Tapi, belakangan ini aku lagi males pake masker. Mungkin sejak memasuki tahun 2016 ini aku belum pake masker sama sekali 😢

Nah, kemarin tiba-tiba aja aku pgn pake masker karena ngaca kok muka kusem banget. Waktu cek stok masker di rumah, ternyata masker bedak dingin ovale tinggal 2 butir, jelas nggak cukup dong. Seingatku masih ada masker himalaya, tapi ternyata ketinggalan di kos.
Akhirnya, aku memutuskan buat bikin masker sendiri. Dulu aku sering bikin homemade masker beras. Tapi karena sekarang lagi males repot, akhirnya coba membuat homemade masker dengan bahan utama yang lebih praktis, putih telur dan jeruk nipis.

Source: www.vemale.com
Source: www.sunpride.co.id

Caranya:
- Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Lalu ambil putih telur secukupnya, sisanya simpan di kulkas (sebutir telur, biasanya putih telurnya bisa jadi 3kali masker).
- Lalu peras jeruk nipis beberapa tetes ke putih telur (Jangan ke semua putih telur ya, cukup ke putih telur yang langsung dipake masker).

Oh ya, jeruk nipis bisa diganti dengan lemon. Tergantung stok di kulkas lagi ada yang mana. Menurutku efeknya sama aja sih. Yang jelas, bau amis dari putih telur bisa ketutup dengan aroma lemon atau jeruk nipis hihi.

Dari berbagai sumber yang sudah aku baca, fungsi putih telur untuk wajah adalah menghaluskan kulit, menghilangkan minyak di wajah, menghilangkan jerawat, menyembuhkan kulit yang terbakar matahari, menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, mengencangkan dan melembabkan kulit.
Sedangkan fungsi jeruk nipis dan lemon untuk wajah adalah mencerahkan, mengencangkan, mengatasi wajah kusam, mengatasi jerawat, menghaluskan kulit wajah, dll.

Meskipun ini alami, tapi efek yang dihasilkan tetep tergantung pada cocok atau nggaknya di kulit. Tipe kulitku adalah normal, tapi sedikit oily di saat-saat tertentu 😁

Nah, efek yang aku rasakan setelah memakai masker ini adalah kulit muka jadi keliatan bersih dan smooth.
Untuk kamu yang pengen efek cerah, mungkin harus dipake lebih sering dan telaten. Karena yang alami dan aman nggak mungkin hasilnya instan 😊

No comments: